HOTLINE: (0622)-431216

Selamat datang! Shalom aleichem! "Damai kiranya menyertaimu" baca lebih lanjut

Rencana Strategis S1 Akuntansi

BAB I

AZAS KEBIJAKAN

1.1 Peran Strategis Sekolah Tinggi

Rencana Strategis 2013-2018 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi adalah dasar pembuatan rencana kegiatan atau program kerja dan anggaran tahunan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan unit-unit pelaksana yang ada dibawah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Dengan adanya rencana strategis ini maka semua rencana yang belum sesuai dengan rencana strageris perlu diselaraskan. Untuk suksesnya pelaksanaan renstra perlu dukungan dan komitmen yang penuh dari setiap unit. Oleh sebab itu, kegiatan saling belajar dan adanya tantangan bersama terhadap lembaga agar tetap eksis dan lebih maju serta lebih mempunyai peran dimasyarakat. Maka diawal pendahuluan sebelumnya telah dikemukakan paradigma bahwa perlu penegasan kembali terhadap perubahan untuk kemajuan, semangat menegerial mindset dapat merupakan beberapa landasan bekerja setiap insan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ini tentunya. Untuk implementasi rencana strategis ini pendanaannya berasal dari anggaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, dana Yayasan, dan sumber-sumber lainnya. Dalam hal terjadi perubahan terhadap lingkungan strategis yang diluar prediksi sehingga renstra ini menghadapi kendala besar untuk implementasinya maka dapat dilakukan perubahan atas pimpinan akademi yang diajukan. Rencana strategis ini akan dijabarkan lebih lanjut dalam renop yang dilengkapi dengan indikator, capaian strategi, rencana pengembangan, pelaksana, program kerja, dan aktivitas dimasing-masing.

1.2 Prinsip dan Nilai

Keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi bertekad akan menghasilkan dan menyebarluaskan pendidik yang profesional berlandaskan moral-moral yang terkandung pada Pancasila. Mengabdikan diri demi agama dan bangsa, berasaskan Pancasila dengan penghayatan dan pengamalannya semata-mata untuk mencapai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.1 Prinsip
a. Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dengan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan akademik, b. Menyatukan pendidikan melalui pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara konsisten, c. Keteladanan moral dan intelektual berdasarkan nilai-nilai agama, d. Kebebasan akademik yang bertanggung jawab, e. Menerapkan teknologi tepat guna, untuk menunjang peningkatan pendidik yang profesional untuk meningkatkan kesejahteraan di masyarakat, f. Tata kelola organisasi dan manajemen yang adil, transparan dan bertanggung jawab, g. Meningkatkan mutu secara berkelanjutan berbasis evaluasi diri.
1.2.2 Nilai
a. Iman dan taqwa, b. Keikhlasan, c. Perjuangan dan pengorbanan, d. Kebersamaan, e. Keadilan dan kejujuran, f. Keterbukaan, g. Profesionalisme.

1.3 VISI dan MISI

1.3.1 Visi
Menjadi salah satu Sekolah Tinggi Filsafat Theologia program studi Theologi Advent yang terbaik di Indonesia.
1.3.2 Misi
1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang efektif dan optimal dengan kemndirian program studi melalui program kekhususan Ilmu Theologia, yang meliputi Pendidikan Ilmu Agama 2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dibidang Ilmu dan Theologi yang diterapkan melalui pengabdian kepada masyarakatmenuju tingkat kehidupan yang terbaik berdasarkan nilai-nilai agama dan ketuhanan. 3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang kerjasama dengan berbagai pihak dibidang Ilmu Theologi yang didasarkan pada nilai-nilai agama dan ketuhanan.

1.4 Tujuan

1. Menuntun Mahasiswa agar menjadikan Yesus sebagai teladan dalam kehidupan sehari. 2. Menghasilkan Sarjana Kristiani yang berjiwa Pancasila. Yang siap membaktikan ilmu kepada nusa dan bangsa di dalam menciptakan satu masyarakat yang adil dan makmur. 3. Meningkatkan kesadaran dan praktek hubungan antara manusia untuk hidup saling menghormati terutama batuan bertalian dengan pemeliharaan kaidah-kaidah pergaulan hidup dan kemasyarakatan. 4. Menghasilkan Sarjana Kristiani yang cakap dan terampil yang mampu mengembangkan dan menciptakan lapangan pekerjaan 5. Meningkatkan kesadaran bahwa allah adalah sumber ilmu pengetahauan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan kebudayaan bangsa serta penerapanya dalam kehudupan masyarakat demi peningkatan taraf hidup. 6. Meningkatkan kesadaran cinta terhadap bangsa dan negara, dengan pemahaman prinsip-prinsip kehidupan bernegara dan pemahaman serta penghayatan Pancasila dan UUD 1945 7. Meningkatkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip Theologia dan penerapan, serta kesadaran akan pengaruh Theologia jasmani terhadap pikiran dan rohani.

BAB II

PERUMUSAN TUJUAN STRATEGIS

2.1 ARAH PERKEMBANGAN MENUJU 2018

Menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbaik, handal dan bermartabat, memerlukan peningkatan mutu secara berkelanjutan untuk berlomba memberikan pelayanan pendidikan theologi yang terbaik bagi generasi penerus bangsa. Pada tahap awal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi menetapkan sasaran mutu yang di mulai dari peningkatan peringkat mutu di tingkat Gereja-gereja Advent yang ada diseluruh indonesia. Hanya saja definisi dan kriteria tentang mutu pendidikan tinggi perlu benar-benar dipahami sehingga mampu dikelola bersama untuk mencapainya. Tanpa adanya pemahaman yang benar, maka cita-cita untuk menjadikan mutu sebagai basis pengelolaan, akan menjadi salah arah. Memasuki tahun 2017 nanti, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi diharapkan telah mampu menjadi sebuah perguruan tinggi yang memiliki kelengkapan sebagai berikut : a. Tata Kelola Organisasi dan Manajemen Harus diselenggarakan sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan manajemen mutu dengan struktur organisasi yang efisien, serta tata pamong yang lengkap dan fungsi-fungsi yang jelas dan rasional, di bawah kepemimpinan yang memegang teguh amanat sebagai agen pemberdayaan untuk seluruh lapisan masyarakat melalui pendidikan, dan bekerja secara terencana. Untuk itu diperlukan : 1. Sistem Pengelolaan Dana yang mampu menjamin lancarnya operasional pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, sehingga mampu mendukung berjalannya program pengembangan institusi secara berkelanjutan; 2. Monitoring serta Evaluasi Diri secara konsisten, jujur, dan terbuka yang hasilnya digunakan sebagai usulan untuk peningkatan kinerja layanan berikutnya, sehingga dapat menjamin berlanjutnya peningkatan mutu akademik; 3. Sistem dan Teknologi Informasi khususnya di dalam bidang pendidikan yang digunakan cukup handal serta mampu menjamin terpenuhinya kebutuhan pengguna, terkait dengan kemudahan akses dan relevansi yang tinggi dari informasi yang dihasilkan dalam pemanfaatannya. b. Sumber Daya Kualitas sumber daya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi harus mampu mendukung tercapainya visi dan misi sesuai rencana mutlak diperlukan 1. Sumber Daya Manusia sebagai pengelola yang profesional mengemban amanah tridharma perguruan tinggi untuk melayani masyarakat, disertai dengan bekal kemampuan akademik yang tinggi serta handal sesuai bidang tugas dan keahliannyaterkususya pendidikan Ilmu Theologi 2. Infrastruktur dan fasilitas akademik yang mampu memenuhi, bahkan melampaui standar layanan berkualitas, mencakup kenyamanan, keamanan dan keandalan yang baik, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya c. Mahasiswa Mahasiswa direkrut dari putra-putri terbaik,berprestasi, dan Beriman dan bertakwa kepada Kepada Tuhan Yang Maha ESa maupun terkait dengan kepribadiannya, sehingga harus mampu menerapkan sistem manajemen seleksi mahasiswa baru yang handal dan transparan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi harus menyediakan alokasi yang lebih proporsional bagi para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga akses pendidikan tinggi dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. d. Kurikulum Kurikulum yang digunakan harus merujuk pada standar kurikulum yang sesuai dengnan kebutuhan stakeholder yang terus dikembangkan, Kurikulum harus mampu diterapkan dengan cara yang tepat, melalui sistem manajemen pengelolaan proses pembelajaran yang orientasinya memberdayakan dan menjadikan mahasiswa sebagai pembelajar aktif. Proses pembelajaran harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten sesuai dengan rencana, serta hasilnya dapat terukur dengan jelas terhadap pencapaian kompetensi yang sesuai dengan spesifikasi jurusan atau prodi. Seluruh kelengkapan kriteria yang diperlukan di atas, tentu saja memerlukan standar, indikator dan strategi lebih lanjut untuk dapat memenuhinya. Upaya untuk memenuhi kriteria dan standar tersebut nantinya, akan menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi mampu menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang handal dan bermartabat dalam beberapa tahun mendatang. Kriteria tersebut di atas sudah mencakup hampir seluruh komponen kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh setiap perguruan tinggi yang baik, sehingga secara nasional, kita akan dapat mencapai posisi sebagai salah satu perguruan tinggi dalam peringkat mutu rata-rata nasional.

2.2 TANTANGAN DAN HAMBATAN

2.2.1 Eksternal
a. Perkembangan kebijakan nasional tentang pendidikan tinggi sebagai konsekuensi UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP Standar Nasional Pendidikan, serta peraturan perundangan terkait lainnya; b. Perkembangan tuntutan masyarakat pengguna lulusan terkait dengan relevansi dan mutu lulusan perguruan tinggi, c. Kurangnya Peminat Untuk Masuk Ilmu Theologia karena Banyak Program Studi yang lain
2.2.2 Internal
a. Akademik 1) Pengalaman minimal dalam pengelolaan pendidikan tinggi, sehingga tradisi akademik masih harus terus dirintis dan ditumbuh kembangkan; 2) Materi dan proses pembelajaran dioptimalkandengan baik ; 3) Produktivitas, mutu, dan relevansi program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Perlu ditingkatkan lagi; 4) Kualitas staf akademik perlu pelatihanuntuk mencapai visi; infrastruktur dan fasilitas akademik masih minim; 5) Jaringan kerja sama antarlembaga ditambahkan lagi b. Kinerja Kelembagaan 1) Organisasi dan tata kelola manajemen mampu membangun sinergi lintas fungsi dan struktur manajemen untuk mendukung efisiensi, efektivitas, dan produktivitas sebagaimana mestinya; 2) Kinerja unsur pelaksana akademik dan unsur penunjang masih dalam taraf pemenuhan standar operasi minimal; 3) Diperlukan berbagai upaya menyeluruh dan terpadu untuk membangun dan meningkatkan citra, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang handal membangun masyarakat yang takut akan tuhan. c. Sumberdaya Keuangan 1) Pendanaan yang bersumber dari bantuan usaha kampus telah ada dan bersifat rutin, selalu dimanfaatkan untuk mensubsidi mahasiswa; 2) Mahasiswa kurang mampu, dibebaskan dari biaya pendidikan, hingga dana dari mahasiswa tidak mampu memenuhi kebutuhan rutin; 3) Dana dari yayasan telah memenuhi untuk subsidi defisit anggaran rutin, namun belum cukup mampu mendukung upaya pengembangan sarana dan prasarana. d. Sumberdaya Manusia 1) Sebagian besar SDM berasal dari tingkat SMA/SMK sederajat yang memiliki komitmen tinggi, namun masih kurang pemahaman tentang manajemen berbasis mutu; 2) Perlu peningkatan kesadaran pembelajaran organisasi serta organisasi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan profesional; e. Sarana dan Prasarana Fisik 1) Luas lahan dan bangunan yang ada sudah baikuntuk 5 tahun kedepan; 2) Luas lahan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi secara keseluruhan mampu mendukung perluasan bangunan pendidikan dalam jangka panjang.

2.3 FAKTOR PENDUKUNG

a. Komitmen kuat seluruh civitas akademik untuk bersama-sama mengabdi, berjuang dan berkorban dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk membangun, mengembangkan serta meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan khussnya ilmu theologi b. Badan Hukum Penyelenggara pendidikan (Yayasan) memiliki komitmen kuat untuk mengupayakan dan menjamin ketersediaan sumber pendanaan demi kelangsungan proses pendidikan. c. Adanya kemauan menuju pengelolaan kampus yang bertanggung jawab d. Ada keinginan civtas akademik untuk meningkatkan mutu e. Adanya kecintaan civitas akademik terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi f. Adanya kepercayaan dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah dalam kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. g. Adanya keinginan menyelenggarakan pendidikan yang menyenangkan h. Adanya kemauan membangun kerjasama dalam menyelenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi i. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam menyelenggarakan pendidikan. j. Adanya upaya terus-menerus penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran k. Adanya dukungan penyelengaraan pendidikan yang baik yang didukung berdirinya lembaga penjaminan mutu pendidikan.

2.4 TUJUAN STRATEGIS

2.4.1 Meningkatkan Mutu dan Relevansi Program Akademik. Sasaran strategis yang ingin dicapai.
a.Sasaran Dalam Bidang Pendidikan 1. Meningkatkan mutu lulusan dengan indikator: - Perolehan IPK lulusan rata-rata 3,33 - Lama masa studi lulusan rata-rata ≤ 4 tahun - Mewujudkan mutu lulusan yang memiliki pola pikir, sikap dan prilaku yang dapat menjawab masalah Ilmu Theologi b. Sasaran Dalam Bidang Penelitian dan Impelementasi 1. Meningkatkan produk penelitian dosen minimal 1 penelitian/ satu tahun ajaran, dan mengiksertakan mahasiswa sebagai peneliti/pengumpul data/analisis data 2. Meningkatkan jumlah penulisan artikel jurnal oleh dosen, baik pada jurnal ISSN maupun terakreditasi minimal 3 artikel/tahun untuk seluruh dosen 3. Miningkatkan jumlah kepesertaan dosen dalam forum ilmiah/konres maupun seminar oleh dosen minimal 1 dosen/tahun/satu kegiatan c. Sasaran Dalam Bidang Pengabdian Masyarakat (2013-2018) 1. Meningkatkan produk pengabdian masyarakat dosen minimal 1 PPM/ satu tahun ajaran, dan mengikutsertakan mahasiswa sebagai anggota 2. Meningkatkan jumlah kerjasama / kemitraan dengan pihak Luar d. Sasaran Pengembangan Sumber Daya Manusia (2013-2018) 1. Mencapai 40% dari jumlah dosen dengan kualifikasi pendidikan Doktor, diantaranya memiliki jabatan guru besar di tahun 2017. 2. Seluruh dosen telah memiliki memiliki Kepangkatan. 3. Sejumlah tenaga kependidikan mengikuti pelatihan sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan manajemen Strategi pencapaian: 1. Memperbaiki kualitas proses belajar dan mengajar di kelas maupun di laboratorium yang berorientasi pada siswa (student centered learning) dengan beban tugas setiap matakuliah 30%. 2. Memperbaiki sarana/fasilitas pembelajaran, sarana/fasilitas laboratorium, melengakapi literatur, sarana/fasilitas penunjang lainnya di semua prodi Ilmu Theologi 3. Memperbaiki kualitas dosen di prodi Ilmu Theologi melalui studi lanjut, pelatihan, seminar, lokakarya. 4. Memperbaiki kualitas proses pembimbingan Skripsi dan proses bimbingan akademik. 5. Memperbanyak pelatihan sesuai dengan prodi Ilmu Theologi, workshop, kuliah tamu dan seminar bagi mahasiswa. 6. Memberikan pelatihan penyusunan proposal hibah-hibah penelitian, memfasilitasi bagi dosen yang akan melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat ke lembaga pemerintah/swasta. 7. Mewujudkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan pihak swasta.
2.4.2 Mengembangkan Organisasi Manajemen yang bertata kelola baik
Sasaran strategis yang ingin dicapai a. Mewujudkan Manajemen yang Efisien dan Produktif 1) Menghasilkan kinerja layanan yang profesional berbasis mutu. 2) Mewujudkan manajemen pengelolaan yang profesional, adil, terbuka dan bertanggung jawab. b. Meningkatkan Jaringan Kerja Sama dan Pencitraan Lembaga Meningkatkan kapasitas dan mutu institusi dengan dukungan civitas akademik, komunitas perguruan tinggi, masyarakat, pemerintah, serta Gereja-gereja adven yang ada di seluruh dunia
2.4.3 Menyediakan Fasilitas Layanan dan Infrastruktur Pendidikan Berkualitas.
Sasaran strategis yang ingin dicapai : a. Mewujudkan lingkungan kampus yang nyaman melalui pengembangan fasilitas yang lengkap dan modern secara bertahap. b. Mewujudkan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung manajemen meningkatkan mutu layanan.

2.5 PILIHAN STRATEGI UNTUK MENCAPAI SASARAN

a. Menjalin komunikasi intensif dengan seluruh pemangku kepentingan b. Melaksanakan aktivitas berbasis hasil evaluasi diri, dengan menerapkan sistem penjaminan mutu. c. Menerapkan sistem penghargaan berbasis kinerja. d. Menyelenggarakan program secara terpadu dan sinergi. e. Sentralisasi penyelenggaraan sistem administrasi. f. Menerapkan otonomi program akademik.

BAB III

TEMA PENGEMBANGAN

PROGRAM DAN SASARAN

3.1 PENINGKATAN MUTU DAN RELEVANSI PROGRAM AKADEMIK

3.1.1 Program Pengembangan Bidang Pendidikan
a. Peningkatan kinerja Prodi Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya proses pembelajaran yang mendukung tujuan dan sasaran kompetensi lulusan; 2) Terselenggaranya proses pembimbingan tugas akhir mahasiswa yang mampu meningkatkan jumlah lulusan yang dapat selesai tepat waktu dengan hasil tugas akhir yang bermutu; 3) Terselenggaranya Prodi sesuai standar mutu nasional dan siap menyongsong standar mutu nasional untuk 10 tahun ke depan. b. Peningkatan mutu mahasiswa baru Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya sistem penerimaan mahasiswa baru yang berkualitas, dengan alokasi yang proporsional bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu; 2) Terselenggaranya kegiatan peningkatan kemampuan mahasiswa baru khusus untuk bahasa Inggris dan teknologi. 3) Peningkatan mutu proses pembelajaran Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya Quality Assurance Prodi, 2) Terselenggaranya program pengembangan sistem pembelajaran yang berbasis mahasiswa secara berkelanjutan dan berorientasi mutu, 3) Terselenggaranya kegiatan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, proses administrasi dan manajemen akademik, 4) Terselenggaranya program hibah internal inovasi pembelajaran untuk dosen, 5) Tersedianya unit kerja terpadu pusat program pengembangan aktivitas instruksional, yang juga mampu berfungsi sebagai unit layanan konsultasi bagi dosen dan mahasiswa. c. Peningkatan mutu lulusan Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya program pembinaan para lulusan secara berkelanjutan, 2) Terselenggaranya program pelatihan dan sertifikasi kompetensi teknis tertentu untuk membantu mahasiswa meningkatkan keahlian profesionalnya serta meningkatkan daya saing lulusan, 3) Terselenggaranya sistem pengelolaan program magang mahasiswa tingkat akhir, 4) Terselenggaranya sistem penjaminan kemampuan berbahasa Inggris.
3.1.2 Program Pengembangan Bidang Kemahasiswaan
a. Pengembangan iklim akademik Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya layanan akademik yang relevan dan mampu memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa dalam proses pembelajaran; 2) Terselenggaranya program pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa, khususnya dalam bidang Agama ilmu theologi dan penerapan bahasa Inggris 3) Terselenggaranya program pembinaan organisasi kemahasiswaan untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa dalam berbagai bidang. 4) Terselenggaranya program hibah beasiswa prestasi bagi mahasiswa, dengan alokasi proporsional bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu; b. Peningkatan kesejahteraan mahasiswa Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya program yang mampu memfasilitasi mahasiswa memperoleh penghasilan tambahan sesuai bakat dan keahliannya, 2) Tersedianya asrama yang mencukupi tuntutan kebutuhan mahasiswa, 3) Terselenggaranya sistem asuransi kesehatan mahasiswa, 4) Terselenggaranya unit usaha bersama mahasiswa.
3.1.3 Program Pengembangan Bidang Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
a. Peningkatan mutu dan relevansi program penelitian Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya penerapan standar mutu penelitian, 2) Terselenggaranya peningkatan mutu penelitian yang berkelanjutan melalui berbagai program hibah kompetisi penelitian, 3) Terselenggaranya kerja sama dengan pusat-pusat penelitian perguruan tinggi sejawat serta lembaga penelitian lainnya. 4) Terselenggaranya media Jurnal Penelitian IPTEK secara berkelanjutan, 5) Terselenggaranya IT development center, 6) Terselenggaranya pusat-pusat penelitian yang ada untuk mencapai sustainability dan efisiensi b. Peningkatan mutu dan relevansi program pengabdian masyarakat Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya program penerapan hasil penelitian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pemanfaatan sumber daya setempat. 2) Terselenggaranya kemitraan dengan pemerintah daerah dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan mutu pusat-pusat pengabdian masyarakat. 3) Terselenggaranya kegiatan pemberdayaan masyarakat dan UKM melalui program pembinaan dan pendampingan yang berkelanjutan.

3.2 KELOLA BAIK

3.2.1 Program Pengembangan Organisasi Yang Efisien Dan Produktif
a. Pengembangan Struktur dan Fungsi-fungsi Kelembagaan Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya program pengembangan struktur organisasi dan tata kelola lembaga sesuai dengan tuntutan kebutuhan layanan berbasis mutu dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, 2) Terselenggaranya program rasionalisasi terhadap efektifitas dan efisiensi peran, serta fungsi dan tugas seluruh unsur organisasi sesuai dengan dinamika perkembangan layanan berbasis mutu; 3) Terselenggaranya unit kerja strategis yang dikhususkan untuk mengelola sistem penjaminan mutu; 4) Terselenggaranya program pengembangan standar mutu manajemen layanan pada semua unsur organisasi; 5) Terselenggaranya unit kerja strategis yang dikhususkan untuk mengelola sistem pengembangan kurikulum sekaligus sebagai unit layanan untuk pengembangan aktivitas instruksional. b. Pengembangan Sumber daya Manusia Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya penerapan sistem manajemen sumber daya manusia yang lebih profesional dan bermutu; 2) Terselenggaranya peningkatan produktivitas dan motivasi kerja melalui penerapan sistem pengelolaan berbasis kinerja (merit system); 3) Tercapainya jumlah dan kualifikasi dosen sesuai kebutuhan kompetensi serta tercukupinya rasio dosen mahasiswa yang mampu mendukung peningkatan mutu layanan akademik.; 4) Terselenggaranya program peningkatan profesionalitas dosen melalui tahapan pembenahan, pemberdayaan dan pengembangan, yang berorientasi pada kemampuan pengelolaan kegiatan instruksional serta kegiatan penelitian; 5) Terselenggaranya program pengembangan ketrampilan teknis administratif staf penunjang untuk meningkatkan mutu dan kinerja layanan yang terintegrasi ; 6) Terselenggaranya program pengembangan pedoman kepegawaian berkelanjutan dari Yayasan, sebagai rujukan pelaksanaan sistem manajemen SDM. c. Peningkatan Pemanfaatan Sistem dan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Manajemen Organisasi Sasaran yang ingin dicapai : 1) Terselenggaranya program pengembangan aplikasi sistem informasi manajemen organisasi untuk menjamin efektifitas dan efisiensi operasi manajemen keuangan, SDM, serta sarana dan prasarana, 2) Terselenggaranya layanan yang lebih cepat, efisien dan efektif bagi seluruh civitas akademik melalui penyediaan perpustakaan outomasi. 3) Tersedianya Sistem Knowledge Based Management (KBM) yang handal sebagai sumber pembelajaran dan database operasi organisasi untuk kemudahan maintenance dan peningkatan utilisasi seluruh sumber daya.
3.2.2 Program Pengembangan Jaringan Kerja Sama Dan Pencitraan Lembaga
a. Peningkatan kapasitas jaringan kerja sama di tingkat wilayah dan nasional Sasaran yang ingin dicapai: 1) Terselenggaranya kerja sama dengan berbagai universitassebagai upaya pemanfaatan sumber daya bersama dalam rangka mencapai efisiensi dan efektivitas layanan, 2) Terselenggaranya kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun Sistem Informasi Pemerintahan dan e-Government yang dapat mendukung pengembangan mutu Program Studi Ilmu Theologi. 3) Terselenggaranya kerja sama dengan departemen pendidikan khususnya ke sekolah-sekolah untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan di masyarakat. b. Pengembangan Usaha Pendanaan Sasaran yang ingin dicapai: Tersedianya Lahan pertanian yang luas dan usaha sumber air, koperasi untuk meningkatkan pendapatan STIE c. Peningkatan Citra Lembaga Sasaran yang ingin dicapai: 1) Terciptanya citra sebagai perguruan tinggi berbasis nasional yang dapat menghasilkan lulusan sebagai pemikir (inisiator dan inovator) handal, berdaya juang tinggi, berjiwa pengabdian dan berwawasan mendunia, 2) Terciptanya citra sebagai kampus IPTEK yang dapat menjadi percontohan pendidikan melalui SDM yang bermutu dan jaringan kerja sama yang luas dan kuat.

3.3 PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

a. Pengembangan Sarana dan Prasarana Fisik Sasaran yang ingin dicapai: 1) Tersedianya ‘Master Plan’ pengembangan Kampus Program Studi Ilmu Theologi ; 2) Tersedianya ruang kerja dengan standar fasilitas yang memadai bagi dosen, peneliti, manajemen dan staf pendukung ; 3) Tersedianya ruang kuliah dan fasilitas penunjang akademik yang mampu mengakomodasi aktivitas pembinaan minat, bakat dan kreativitas mahasiswa 4) Terselenggaranya sistem perencanaan, pengadaan, pengoperasian ; pemeliharaan dan pemanfaatan fasilitas fisik secara optimal ; 5) Terwujudnya lingkungan kampus yang mencukupi, aman, nyaman, tertib dan asri. b. Pengembangan Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi Sasaran yang ingin dicapai: 1. Terselenggaranya pembangunan sistem jaringan komunikasi data di kampus dengan menggunakan basis teknologi dengan spesifikasi teknis yang layak untuk memenuhi kebutuhan layanan operasional paling tidak sampai dengan 10 tahun ke depan ; 2. Terselenggaranya akses informasi global sesuai dengan perkembangan teknologi terkini untuk seluruh civitas akademik melalui jaringan internet yang dapat melayani secara on-line.

BAB IV

P E N U T U P

Rencana Strategis tahun 2013-2018 adalah dasar penyusunan, penyelenggaraan dan evaluasi program kerja yang diselenggarakan oleh Ketua. Apabila dalam keadaan tertentu, Ketua dengan persetujuan Pengurus Yayasan Surya Nusantara dapat melakukan perubahan terhadap Renstra tersebut dengan meminta pertimbangan kepada senat STIE. Rencana strategis ini akan dijabarkan dalam rencana operasional (RENOP) dan akan dilengkapi dengan indicator kinerja untuk mengevaluasi keberhasilan program-program yang tercantum di dalam renstra ini.

Hubungi kami

(0622) 431216