-1

Welcome To Surya Nusantara

Sekolah Lanjutan Advent (SLA) Martoba Pematangsiantar, dulu lebih dikenal dengan nama North Sumatera Training School, disingkat NSTS, yang dikelola oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Sumatera Kawasan Utara yang berkantor pusat di Jl. Simbolon No. 6, Pematangsiantar.

Lembaga ini berdiri pada tahun 1949 yang dimulai di lantai atas sebuah toko yang terletak di Jl. Sutomo, No. 88, Pematangsiantar, sebagai ruangan kelas. Ruangan ini dipakai selama 4 bulan sebelum pindah ke Jl. Marimbun 50, sebuah rumah tempat tinggal yang disewa selama 5 bulan, kemudian pindah ke Jl. Pangaribuan. Tahun 1957, program pendidikan NSTS telah dimulai di lokasi yang baru, di tempat yang sekarang ini, Jl. Rakutta Sembiring, Pematangsiantar.

Mengingat kebutuhan akan Perguruan Tinggi bagi anak-anak anggota GMAHK yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SLTA sederajat di Pulau Sumatera (Daerah Sumatera Kawasan Utara, Sumatera Kawasan Tengah, dan Sumatera Kawasan Selatan), maka pada bulan Januari 1977, Institut Theologia dan Keguruan Advent (ITKA) Bandung membuka program Extension di Kampus Perguruan Advent, Pematangsiantar yang program akademisnya disesuaikan dengan program ITKA Bandung. Sejak itu, badan pengelola yang tadinya Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Sumatera Utara diserahkan ke Uni Indonesia Kawasan Barat.

Program extension ini terdiri dari 3 fakutas, antara lain, (1) Fakultas Filsafat- Jurusan Kependetaan; (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada 2 (dua) Jurusan: Jurusan Sejarah, dan Jurusan Pendidikan Matematika, dan (3) Fakultas Ekonomi: Jurusan Akuntansi. Dengan terjadinya perubahan ITKA menjadi Universitas Advent Indonesia disingkat UNAI, sendirinya ITKA Extension turut berubah menjadi UNAI Extension sejak tanggal 2 November 1982. Program extension ini berlangsung hingga tahun 1988.

Mengacu pada peraturan pemerintah sehubungan larangan menjalankan program pendidikan tinggi bentuk extension di Indonesia, pada tahun akademik 1989/1990 UNAI Extension Pematangsiantar telah mengambil alih kepemilikan dan pengoperasian Universitas Surya Nusantara disingkat USN, Tebing Tinggi, yang terdiri dari (3) tiga Fakultas, antara lain: Fakultas Hukum, FKIP, Fakultas Ekonomi, beserta sebuah Sekolah Tinggi Pertanian Surya Nusantara, dengan Jurusan Budidaya Pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 1989. sejak itu jumlah mahasiswa tiap fakultas makin kurang peminatnya, sehingga manajemen baru menghadapi kesulitan di dalam mempertahankan semua fakultas. Kebijakan baru telah diambil dengan menutup Fakultas Hukum dan FKIP setelah mahsiswa di kedua fakultas itu ditransfer di perguruan tinggi lain, sedang mahasiswa yang duduk di tingkat akhir masih melanjutkan hingga saat mereka layak diwisuda. Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Surya Nusantara tidak dapat dilanjutkan operasionalnya sehubungan tidak adanya mahasiswa yang meminatinya, sekalipun izinnya masih aktif dengan status terdaftar.

Sejak saat itu, UNAI Extension berubah nama menjadi Universitas Surya Nusantara disingkat USN. Karena izin untuk mengoperasikan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Filsafat di Lingkungan USN dari Mendiknas saat itu masih dalam proses pengurusan, maka Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh terus berusaha untuk memperoleh izin dan status dari Departemen Pendidikan Nasional.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SURYA NUSANTARA (STIE) Surya Nusantara telah menerima izin Departemen Pendidikan Nasional, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Ketetapan No: 234/DIKTI/Kep 1992, tertanggal 2 Juli 1992 dengan jenjang pendidikan program Diploma III untuk program studi Akuntasi dan program studi Manajemen, kemudian peningkatan jenjang pendidikan telah terjadi tanggal 19 November 1997 oleh DIKTI telah mengeluarkan izin baru melalui keputusan No. 80/D/O/1997 untuk jenjang Pendidikan Strata I (S-1) program studi Akuntansi dan studi Manajemen. Demikian juga SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui DIKTI telah mengeluarkan izin dengan No. 91/D/O/2000 tanggal 9 Juni 2000, dengan status terdaftar, jenjang pendidikan program Strata-1 (S-1) untuk program studi Ilmu Theologia dan Program Studi Pendidikan Guru Agama. Di kampus yang sama, sejak tahun 2002 juga dioperasikan sebuah Akademi Keperawatan (Akper) Surya Nusantara, program Ahli Madya (D3) Jurusan Keperawatan Umum, dengan SK Mendiknas RI Nomor 173/D/O/2002 dan Rekomendasi dari Depkes RI Nomor: K.S.02.1.5.2549 B. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  (STIE) Surya Nusantara, SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA (STFT) Surya Nusantara, Akademi Keperawatan Surya Nusantara berada di satu kampus yang sama, maka Gereja MAHK lebih mengenalnya dengan nama Akademi Keperawatan (AKPER) Surya Nusantara disingkat dengan SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA. SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA telah mendapat Akreditas dari Badan Akreditasi Advent Sedunia (Adventist Accrediting Association –AAA) dari General Conference of SDA pada kategori Level II pada program Theologia dan Akuntansi & Manajemen. Untuk 3 Perguruan Tinggi yang bernaung di Akademi Keperawatan (AKPER) Surya NusantaraSurya Nusantara telah mendapat Akreditasi dari BAN-PT yang berturut-turut.